Minggu, 29 Mei 2011

SPGDT Kabupaten Bangka


Kabar gembira bagi masyarakat Kota Sungailiat
Kini telah hadir
“Layanan SPGDT Gratis”

SPGDT adalah kepanjangan dari Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu yang memberikan layanan bersifat kegawat daruratan kepada masyarakat Kota Sungailiat. Layanan gawat darurat yang dimaksud seperti: serangan jantung, stroke ringan, kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja, melahirkan dan berbagai keadaan yang sifatnya gawat darurat serta membutuhkan pertolongan segera. Adapun fungsi SPGDT adalah memberikan pertolongan pertama di tempat kejadian jika terjadi keadaan darurat tersebut dan juga merujuk segera ke fasilitas kesehatan terdekat.
SPGDT merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Bangka yang diperuntukkan kepada masyarakat Kota Sungailiat yang membutuhkan pertolongan segera. Selain itu SPGDT juga responsif terhadap daerah yang terkena bencana di wilayah Kabupaten Bangka dalam program “Tanggap Darurat Bencana”. Adapun layanan yang diberikan sama sekali tidak dikenakan biaya alias GRATIS!
SPGDT memiliki fasilitas mobil dan motor ambulans untuk memobilisasi pasien secara cepat, tepat dan tanggap. Dalam menunjang layanannya, SPGDT memiliki alat-alat kesehatan seperti:
1.      Monitor EKG untuk melihat rekaman jantung, kadar oksigen dalam tubuh, respirasi, temperatur serta tekanan darah.
2.      Oksigen sentral yang berfungsi untuk memberikan pernafasan bantuan pada korban.
3.      DC Shock. Alat ini berfungsi untuk pacu jantung, alat ini digunakan jika korban dengan kasus henti jantung.
4.      Perlengkapan P3K yang dilengkapi dengan neck collar (penyangga leher), bidai, tensimeter, perlengkapan ETT (endotrachealtube) seperti laringoskop, orofaringeal. Alat ini digunakan jika korban dengan kasus henti nafas.
Kru yang bertugas di SPGDT terdiri dari 3 dokter, 1 mantri, 5 perawat, 7 tenaga terlatih dan 2 driver yang kesemuanya merupakan satu tim solid yang siap siaga memberikan layanan SPGDT Gratis kepada masyarakat.
Nah,  apabila anda, keluarga, kerabat, teman atau tetangga anda mengalami keadaan gawat darurat, maka cukup menelepon kru SPGDT di nomor telepon (0717) 93911. Kru SPGDT siap 24 jam melayani anda secara gratis!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar