Senin, 02 Januari 2012

Skripsi Rabian Syahbana #awal



PENGARUH PENGAJARAN PENDIDIKAN ISLAM
OLEH ORANGTUA YANG BERPROFESI PENAMBANG TIMAH TERHADAP PEMAHAMAN KEAGAMAAN
ANAK PRASEKOLAH DI DESA KACE
KECAMATAN MENDO BARAT

Logo STAIN OK
SKRIPSI
Disusun untuk dapat memenuhi salah satu persyaratan
mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)

Oleh:
Rabian Syahbana
0711059
Jurusan: Tarbiyah
Program Studi: Pendidikan Agama Islam

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
SYAIKH ABDURRAHMAN SIDDIK
BANGKA BELITUNG
2011
HALAMAN PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                           : RABIAN SYAHBANA
NIM                            : 0711059
Jurusan             :Tarbiyah
Program Studi              :Pendidikan Agama Islam
Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa skripsi yang berjudul Pengaruh Pengajaran Pendidikan Islam oleh Orangtua yang Berprofesi Penambang Timah Terhadap Pemahaman Keagamaan Anak Prasekolah di Desa Kace Kecamatan Mendo Baratini adalah asli karya atau penelitian saya sendiri, dan bukan merupakan karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesejarnaan di suatu perguruan tinggi. Sepanjang pengetahuan saya, tidak terdapat karya atau pendapat orang lain, kecuali yang secara tertulis dijadikan acuan dalam naskah ini.


Petaling,  21 Juli 2011
Yang menyatakan


RABIAN SYAHBANA
NIM. 0711059



NOTA DINAS PEMBIMBING
Hal       :  Skripsi
               Saudara Rabian Syahbana
               Kepada Yth,
               Ketua Jurusan Tarbiyah
   STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
               Di Bangka
               Assalamu’alaikum Wr.Wb.
 Setelah membaca, meneliti, dan melakukan beberapa kali bimbingan serta mengadakan perbaikan seperlunya, baik dari segi isi, bahasa maupun teknik penulisan, maka kami selaku Pembimbing berpendapat bahwa skripsi mahasiswa tersebut di bawah ini:
            Nama               : RABIAN SYAHBANA
NIM                : 0711059
Jurusan : Tarbiyah
Program Studi  : Pendidikan Agama Islam
Judul               : Pengaruh Pengajaran Pendidikan Islam oleh
  Orangtua yang Berprofesi Penambang Timah
  Terhadap Pemahaman Keagamaan Anak
  Prasekolah di Desa Kace Kecamatan Mendo Barat 
  Kabupaten Bangka
 Telah dapat diajukan kepada jurusan Tarbiyah STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung untuk memenuhi salah satu dari syarat memperoleh gelar Sarjana pendidikan Islam (S.Pd.I). Harapan kami, semoga dalam waktu dekat skripsi ini dapat dimunaqasyahkan.
               Demikian dan harap maklum. Atas segala perhatiannya diucapkan banyak terima kasih.
Wassalamua’laikum Wr. Wb.

Petaling, 15 Juli 2011
Pembimbing I
Pembimbing II




 Drs. Rosidi, M.Pd.I.
Iskandar, M.Hum.
NIP. 19680114 199403 1 002
NIP. 19730525 200604  1 003
NOTA DINAS KONSULTAN
Hal       : Skripsi
               Saudara Rabian Syahbana
               Kepada Yth,
               Ketua Jurusan Tarbiyah
   STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
               Di Bangka
               Assalamu’alaikum Wr.Wb.
               Setelah melakukan beberapa kali konsultasi dan meneliti hasil perbaikan, maka kami selaku Konsultan berpendapat bahwa skripsi mahasiswa :
 Nama                          : RABIAN SYAHBANA
NIM                            : 0711059
Jurusan             : Tarbiyah
Program Studi              : Pendidikan Agama Islam
Judul                            : Pengaruh Pengajaran Pendidikan Islam oleh
  Orangtua yang Berprofesi Penambang Timah
  Terhadap Pemahaman Keagamaan Anak
  Prasekolah di Desa Kace Kecamatan Mendo Barat 
  Kabupaten Bangka
               Telah layak diajukan kepada Jurusan Tarbiyah STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung guna memenuhi sebagian syarat memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I).
               Demikian dan harap maklum. Atas segala perhatiannya diucapkan banyak terima kasih.
Wassalamua’laikum Wr. Wb.

Petaling, 23 Agustus 2011
Konsultan I
Konsultan II





Basri, M.A

Cakrawala, M.Pd.I
NIP. 19730327 200604 1 002
NIP. 19751129 200604 1 002
HALAMAN MOTTO

Kehidupanku adalah pertualanganku, walau diriku bukan penguasa waktu,
aku diberi kesempatan yang sama untuk mencari dan
memanfaatkan ilmu sesukaku, dan aku mampu

 HALAMAN PERSEMBAHAN
*Salah satu perjuangan ini berakhir sudah, rasa gembira, senang, puas dan lega berkumpul menjadi satu yang tercirikan melalui senyum dan tawaku
*Kupanjatkan beribu syukur tanpa henti kepada Allah Azza wa Jalla penguasa segala dan tak ada yang mampu luput dariNya, yang telah memberiku
perjalanan kehidupan yang luar biasa
*Kudendangkan ratusan Shalawat, bukti bahwa aku berterima kasih kepada Nabi Muhammad alaihi shalatu wa salam yang telah mengarahkan
umat manusia menuju kebaikan yang tercerahkan
*Kepada Ayahanda dan Ibunda tercinta, yang selalu siap membimbingku, mendidikku, mengarahkanku lewat senyum dan tegurannya sehingga diriku tetap sabar dan taat mengarungi bahtera kehidupan di dunia ini
*Kepada saudara-saudariku, yang lewat kehadiran mereka dalam jejak-jejak kehidupanku telah menyadarkanku untuk lebih giat belajar dan berusaha
*Kepada sahabat-sahabat satu organisasi denganku, baik dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka maupun dari Komunitas Pecinta Alam Syaikh
Abdurrahman Siddik (KOPASSAS) Bangka Belitung, yang telah
berjuang bersama-sama dengan keringat, darah, ide, dan materi
sehingga telah menghidupkan dan menjalankan segala
kebaikan yang sangat berpengaruh dalam kehidupku
*Kepada almamater “kampus perjuangan; pusat inspirasi peradaban”, yang telah bersedia menampungku dan mendalamkan ilmu pengetahuanku selama beberapa tahun kelender akademik sehingga membuatku lebih mantap mengarungi hari dan bertarung di dunia
*Skripsi ini, semoga menjadi sebentuk “karya”, yang sepatutnya membutuhkan penyempurnaan, karena akhir bukanlah tanpa keberkelanjutan


KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Sang Penguasa Segala, karena hanya dengan Rahmat dan HidayahNya jualah skripsi ini bisa diselesaikan. Demikian pula shalawat dan salam teruntuk Junjungan Besar Nabi Muhammad SAW beserta para Sahabatnya, yang telah membuka tabir jahiliyah sehingga terbentang jalan kebenaran yang terang, sebagai jalan keselamatan bagi umat manusia, semoga Nur yang terpancarkan tidak redup diterpa perkembangan zaman.
Penyusunan skripsi ini merupakan kajian singkat tentang pengaruh pengajaran pendidikan Islam oleh orangtua yang berprofesi penambang timah terhadap pemahaman kegamaan anak prasekolah di  Desa Kace Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka. Penyusun menyadari bahwa penyelesaian skripsi ini tidak akan terwujud tanpa adanya bantuan, bimbingan, dan dorongan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, pada kesempatan ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada:
1.        Prof. Dr. Imam Malik, M.Ag, selaku Ketua STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, beserta para staff.
2.        Suparta, M.Ag, selaku Ketua Jurusan Tarbiyah STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, beserta para staf.
3.        Rada, M.Pd.I, selaku Ketua Prodi Tarbiyah sekaligus Penasehat Akademik.
4.        Drs. Rosidi, M.Pd.I, selaku Pembimbing I.
5.        Iskandar, M.Hum, selaku Pembimbing II.
6.        Basri, M.A, selaku Penguji I.
7.        Cakrawala, M.Pd.I, selaku Penguji II.
8.        Seluruh dosen STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.
9.        Kepala Desa dan seluruh masyarakat Desa Kace Kecamatan Mendo Barat.
10.    Rekan-rekan seperjuangan, yang telah membantu proses penyelesaian skripsi ini.
11.    Seluruh Civitas Akademik STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.
Ibarat pepatah, “tak ada gading yang tak retak”, demikian skripsi ini adanya, banyak kekurangan di sana-sini. Namun demikian, terlepas dari berbagai kelemahan dan kekurangan, besar harapan penyusun, skripsi ini bisa bermanfaat. Akhirnya, saran dan kritik yang membangun penulis harapakan demi perbaikan dan pengembangan skripsi ini.





Petaling, 23 Agustus 2011

Penulis

                                                       DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL   .............................................................................................. i
HALAMAN PERNYATAAN ............................................................................... ii
NOTA DINAS PEMBIMBING ............................................................................ iii
NOTA DINAS KONSULTAN ............................................................................. iv
HALAMAN PENGESAHAN ................................................................................ v
HALAMAN MOTTO ........................................................................................... vi
HALAMAN PERSEMBAHAN .......................................................................... vii
KATA PENGANTAR ........................................................................................ viii
DAFTAR ISI .......................................................................................................... x
DAFTAR TABEL ................................................................................................ xii
DAFTAR LAMPIRAN........................................................................................ xiv
ABSTRAKSI ........................................................................................................ xv
BAB I              PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang Masalah ........................................................... 1
B.     Batasan dan Rumusan Masalah  ............................................... 3
C.     Tujuan dan Kegunaan Penelitian ............................................  4
D.     Telaah Pustaka ......................................................................... 4
E.      Landasan Teori ......................................................................... 5
F.      Hipotesa .................................................................................. 10
G.     Definisi Operasional Variabel ................................................ 11
H.     Metodologi Penelitian ............................................................ 12
I.        Sistematika Pembahasan ........................................................ 16
BAB II             Pengajaran Pendidikan Islam oleh Orangtua yang Berprofesi
                        Penambang Timah Terhadap Pengajaran Keagamaan Anak
                        Prasekolah
A.     Pengajaran Pendidikan Islam .................................................. 17
B.     Pemahaman Keagamaan Anak Prasekolah.............................. 34
BAB III            Kondisi Objektif Desa Kace Kecamatan Mendo Barat
Kabupaten Bangka
A.     Profil Wilayah ........................................................................ 44
B.     Keadaan Penduduk dan Kehidupan sosial Ekonomi .............. 48
C.     Pendidikan dan Kehidupan Keagamaan Masyarakat  ............ 50
D.     Keadaan Sosial Budaya Masyarakat ...................................... 55
BAB IV           Pengaruh Pengajaran Pendidikan Islam  oleh  Orangtua yang
Berprofesi Penambang Timah Terhadap Pemahaman Keagamaan
Anak Prasekolah
A.     Pengajaran Pendidikan Islam oleh Orangtua yang Berprofesi Penambang Timah .................................................................. 56
B.     Pengajaran Pendidikan Islam oleh Orangtua yang Berprofesi Penambang Timah .................................................................. 62
C.     Pengaruh Pengajaran Pendidikan Islam oleh Orangtua yang Berprofesi Penambang Timah Terhadap Pemahaman Kegamaan Anak Prasekolah di Desa Kace Kecamatan
Mendo Barat ........................................................................... 68
BAB V Penutup
A.     Kesimpulan ............................................................................ 73
B.     Saran ....................................................................................... 74
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN


DAFTAR TABEL
Tabel    I-1.      Interaksi Antar Variabel ............................................................... 11
Tabel    III-1.    Batas Wilayah .............................................................................. 45
Tabel    III-2.    Letak Kawasan ............................................................................. 45
Tabel    III-3.    Luas Wilayah Menurut Penggunaan ............................................ 46
Tabel    III-4.    Fasilitas Umum ............................................................................ 46
Tabel    III-5.    Iklim ............................................................................................. 47
Tabel    III-6.    Orbitasi ......................................................................................... 47
Tabel    III-7.    Daftar Jumlah KK di Desa Kace Induk ........................................ 48
Tabel    III-8.    Daftar Jumlah KK di Desa Kace Timur ....................................... 49
Tabel    III-9.    Mata Pencaharian Pokok .............................................................. 49
Tabel    III-10.  Agama .......................................................................................... 50
Tabel    III-11. Tenaga Kerja ................................................................................ 51
Tabel    III-12. Tingkat Pendidikan Penduduk ..................................................... 52
Tabel    III-13. Lembaga Pendidikan Umum ........................................................ 53
Tabel    III-14. Lembaga Pendidikan Agama ....................................................... 53
Tabel    III-15. Kesejahteraan Keluarga ............................................................... 54
Tabel    III-16. Pendapatan Rill Keluarga Perbulan ............................................. 55
Tabel   IV-1.   Distribusi Skor Nilai Jawaban Responden dari Hasil
Jawaban Angket Tentang Pengajaran Pendidikan Islam
oleh Orangtua yang Berprofesi Penambang Timah ..................... 58
Tabel   IV-2.   Distribusi Frekuensi dan Persentase Pengajaran Pendidikan
                        Islam oleh Orangtua yang Berprofesi Penambang Timah ........... 61
Tabel   IV-3.   Distribusi Skor Nilai Jawaban Responden dari Hasil Jawaban
            Angket  tentang Pemahaman Keagamaan Anak Prasekolah
            yang Memiliki Orangtua Penambang Timah ............................... 64
Tabel   IV-4.   Distribusi Frekuensi dan Persentase Pemahaman Pendidikan
                        Islam Anak   Prasekolah pada Masyarakat Kerja Penambang
                        Timah ........................................................................................... 67
Tabel   IV-5.   Tabulasi Silang Pengaruh Pengajaran Pendidikan Islam oleh
                        Orangtua yang Berprofesi Penambang Timah Terhadap
                        Pemahaman Kegamaan Anak Prasekolah .................................... 68
Tabel   IV-6.   Tabel Kai Kuadrat ........................................................................ 69

DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1.      Angket
Lampiran 3.      Hasil Rekapitulasi Jawaban Angket
Lampiran 4.      Surat Ijin Penelitian
Lampiran 5.      SK Pembimbing
Lampiran 6.      Format Konsultasi Pembimbing Skripsi


PENGARUH PENGAJARAN PENDIDIKAN ISLAM OLEH
ORANGTUA YANG BERPROFESI PENAMBANG TIMAH
TERHADAP PEMAHAMAN KEAGAMAAN
ANAK PRASEKOLAH DI DESA KACE
KECAMATAN MENDO BARAT

Nama : Rabian Syahbana
NIM : 0711059
Jurusan : Tarbiyah
Prodi: Pendidikan Agama Islam
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Syaikh Abdurrahman Siddik
Bangka Belitung

Abstrak
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah seperti apa pengaruh pengajaran pendidikan Islam oleh orangtua yang berprofesi penambang timah terhadap pemahaman keagamaan anak prasekolah di Desa Kace Kecamatan Mendo Barat. Dari permasalahan yang dirumuskan maka akan diketahui bahwa semakin rendah atau lemahnya pengaruh pengajaran pendidikan Islam oleh orangtua yang berprofesi penambang timah, maka semakin rendah pula pemahaman keagamaan anak prasekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengajaran pendidikan Islam oleh orangtua yang berprofesi penambang timah terhadap pemahaman keagamaan anak prasekolah di Desa Kace Kecamatan Mendo Barat. Sehingga diharapkan dapat memberikan masukan untuk orangtua pendidik dalam menerapkan pengajaran pendidikan Islam oleh orangtua yang berprofesi penambang timah terhadap pemahaman keagamaan anak prasekolah dan menjadi salah satu bahan untuk masukan dan informasi kepada peneliti lain yang akan melakukan penelitian lanjutan.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) dan analisis data yang akan digunakan oleh peneliti adalah analisis data kuantitatif. Dalam prosesnya, yang akan dilakukan penulis adalah menggunakan teknik random sampling. Untuk pengumpulan data dilapangan menggunakan alat seperti dokumentasi, angket, dan wawancara. Setelah semua data yang dibutuhkan sudah terkumpul lalu dianalisis menggunakan statistik.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh pengajaran pendidikan Islam oleh orangtua yang berprofesi penambang timah terhadap pemahaman keagamaan anak prasekolah di Desa Kace Kecamatan Mendo Barat tergolong sedang. Dari hasil analisis membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang positif pada taraf signifikansi 5%, sedangkan pada taraf signifikansi 1% tidak terdapat pengaruh.

Kata-kata Kunci : Pengajaran Pendidikan Islam, Anak Prasekolah, Orangtua yang Berprofesi Penambang Timah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar