Senin, 02 Januari 2012

Skripsi Rabian Syahbana #BAB V


 BAB V
PENUTUP
A.       Kesimpulan
Berdasarkan penelitian tentang pengaruh pengajaran pendidikan Islam oleh orangtua yang berprofesi penambang timah terhadap pemahaman kegamaan anak prasekolah di Desa Kace Kecamatan Mendo Barat, maka dapat disimpulkan beberapa hal, antara lain:
1.      Pengajaran pendidikan Islam oleh orangtua yang berprofesi penambang timah di Desa Kace Kecamatan Mendo Barat Kebupaten Bangka dapat dikategorikan sedang. Hal ini terbukti dari hasil analisis data terhadap 58 responden terdata yang tergolong sedang sebanyak 26 responden. Jumlah dari semuanya untuk kategori tinggi sebanyak 19 orang atau sebesar 33%, yang dikategorikan sedang sebanyak 26 orang atau sebesar 45%, dan masyarakat yang tergolong rendah sebanyak 13 orang atau sebesar 22%.
2.      Sedangkan untuk pemahaman keagamaan anak prasekolah yang memiliki orangtua penambang timah di Desa Kace Kecamatan Mendo Barat dapat dikategorikan sedang. Hal ini terbukti dari hasil analisis data terhadap 58 responden terdata yang tergolong sedang sebanyak 22 responden. Jumlah dari semuanya untuk kategori tinggi sebanyak 16 orang atau sebesar 28% dan masyarakat yang tergolong sedang sebanyak 22 orang atau sebesar 38%. Serta masyarakat yang tergolong rendah sebanyak 20 orang atau sebesar 34%.
3.      Dari hasil analisis pengaruh pengajaran pendidikan anak prasekolah pada masyarakat penambang kerja di Desa Kace Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka dengan pemahaman keagamaan anak prasekolah yang memiliki orangtua penambang timah terdapat pengaruh yang positif pada taraf signifikansi 5%, sedangkan pada taraf signifikansi 1% tidak terdapat pengaruh.
B.       Saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan mengetahui jawabannya, maka ada beberapa saran yang perlu dikemukakan, diantaranya adalah:
Orangtua di Desa Kace Kecamatan Mendo Barat sudah melakukan upaya dan perhatian orangtua terhadap perkembangan pendidikan anaknya sangat baik, semoga hal tersebut dapat dipertahankan sehingga anak akan menjadi pribadi yang baik.
Mengamati pengajaran pendidikan Islam oleh orangtua, kebanyakan banyak yang merasa terganggu karena pekerjaannya. Untuk itu orangtua haruslah pandai-pandai memanajemen waktu sehingga mempunyai waktu yang efesien atau khusus untuk memberikan pendidikan kepada anak mereka. Dalam hal mengajar tentang ketauhidan dan perilaku yang baik kepada anak-anak mereka kebanyakan responden melakukannya dengan baik, semoga hal tersebut dapat dipertahankan. Tetapi dalam hal mengajar secara langsung dalam hal membaca Al-Qur’an tidak sampai setengah dari total responden yang melakukannya secara langsung, semoga hal tersebut lebih diperhatikan dan kalau orangtua tidak sempat mengajarkannya maka diharapkan orangtua meminta bantuan orang lain melakukannya. Sedangkan dalam hal mengajarkan bagaimana tata cara ibadah yang baik sebagian besar melakukannya secara langsung kepada anak mereka, semoga hal tersebut dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi.
Dalam hal menambah keilmuan beragama orangtua walaupun ada sebagian besar melakukannya dengan cara membaca buku ataupun bertanya kepada yang lebih tahu. Tetapi diharapkan bisa dilakukan lebih giat lagi, dan semoga saja pilihan orangtua untuk jenjang pendidikan anak mereka merupakan yang terbaik dan telah mereka pikirkan sebelumnya.
Anak terutama dalam usia dini merupakan peniru yang sangat baik, mereka juga dalam tahapan yang sangat bagus untuk diajarkan tentang pendidikan beragama. Diharapkan para orangtua lebih memperhatikan pendidikan anak mereka sendiri. Sebab anak bisa membanggakan dan mengangkat derajat sebuah keluarga dari perilaku dan keilmuan beragamanya.
Semoga hasil penelitian ini dapat berguna untuk pengajaran pendidikan Islam oleh orangtua yang berprofesi penambang timah terhadap pemahaman kegamaan anak prasekolah di Desa Kace Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka maupun untuk orangtua di tempat lain. Selain itu hasil penelitian ini juga dapat bermanfaat untuk peneliti lainnya sebagai bahan pertimbangan ataupun rujukan dalam penelitian selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar